JENIS – JENIS COLOSTOMY | Laporan Pendahuluan dan Asuhan Keperawatan Online

JENIS – JENIS COLOSTOMY

June 6th, 2009 0 Comments

header12

header12

header12

PREVIEW VIDEO ISI DVD KEPERAWATAN

header12

header12

header12

ASRUL MAPPIWALI

PENDAHULUAN
Colostomy adalah tindakan membuka dinding abdomen, di mana ujung dari kolon dikeluarkan melalui bukaan tersebut dan membentuk stoma.Colostomy dilakukan bila sebagian dari kolon diangkat karena adanya proses keganasan, kelainan kongenital, obstruksi usus atau divertikulitis yang mengenai usus tersebut.
Lokasi colostomy pada abdomen tergantung dari bagian kolon yang digunakan untuk membentuknya dan tipe colostomy yang dilakukan.Stoma yang terlihat pada dinding abdomen terdiri dari jaringan mukosa usus yang lembab, hangat dan mensekresi sejumlah kecil mucus.Tidak seperti anus, stoma tidak mempunyai katup atau otot sehingga pengeluaran feses tidak bisa dikontrol.
SISTEM DIGESTIF NORMAL

Usus halus terdiri dari duodenum, jejunum dan ileum.Nutrien dari makanan dicernakan dan diabsorpsi di dalam usus halus saat makanan melewati usus halus secara peristaltic.
Usus besar terdiri dari
 Sekum
 Kolon asendens
 Kolon transversum
 Kolon desendens/sigmoid
 Rektum
Fungsi utama dari usus besar adalah mengabsorpsi cairan dan elektrolit, transportasi feses melalui peristaltic serta menyimpan hasil – hasil pencernaan sebelum dikeluarkan melalui feses.
Oleh karena nutrisi makanan diabsorpsi oleh usus halus, colostomy tidak mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mendapatkan nutrisi.
JENIS – JENIS COLOSTOMY
1. Colostomy Ascendens
Colostomy jenis ini terletak pada sebelah kanan abdomen dan cairan yang dihasilkan sangat encer.Colostomy tipe ini jarang digunakan karena lebih sering dilakukan ileostomy pada cairan usus yang encer.
2. Colostomy transversum
Colostomy transversum dilakukan pada pasien – pasien dengan diverticulitis, penyakit inflamasi usus, keganasan, obstruksi usus, kecelakaan atau kelainan congenital.Colostomy jenis ini membolehkan feses keluar dari kolon sebelum sampai ke kolon desendens.
Terdapat 2 tipe colostomy transversum, yaitu loop transverse colostomy dan double-barrel transverse colostomy.

Pada loop colostomy, terdapat 2 bukaan, yaitu ujung distal (non – fungsional) dan ujung proksimal (fungsional).Ujung distal memproduksi mucus sedangkan ujung proksimal mengeluarkan feses.

Pada double – barrel colostomy, kolon dibagi dua dan masing – masing bagian kolon ini membentuk 2 stoma yang berbeda.Sama seperti loop colostomy, stoma distal mensekresi mucus sedangkan stoma proksimal mengeluarkan feses.

3. Colostomy desendens atau sigmoid
Lokasinya terletak pada bagian kiri bawah abdomen dan merupakan jenis colostomy yang paling sering dilakukan.Feses yang dikeluarkan pada colostomy jenis ini lebih padat dibanding dengan feses pada colostomy transversum.Pengeluaran feses terjadi pada basis reguler dan intervalnya bisa diprediksi.Pergerakan usus terjadi setelah sejumlah feses terkumpul dalam usus yang terletak di atas tempat colostomy.

DAFTAR PUSTAKA

1. Clark J, Grover P, Colostomy Guide, 2004. United Ostomy Association (UOA).
2. American Cancer Society, Colostomy Guide, 2009, Available from : http://www.cancer.org/docroot/
3. Tresca AJ, Colostomy Surgery, 2007, Available from : http://www.about.com
4. Kroeplin M, Information About Specific Surgical Procedures: Colostomy, 2008,Available from : http://www.chop.edu/consumer/jsp

Artikel:

askep colostomy, contoh lp koliostomi, pahtway colostomi, pathway kolostomi, pathway kraniotomi
 

Suka artikel ini, Bagikan dengan teman-teman kamu!

Digg
stumbleupon
Delicious
facebook
twitter
reddit
rss feed bookmar
   
 photo banner300x250.gif  photo rambutsambungcom300X250.gif

Cari Askep Disini:

Archives

Kategori

Materi Askep Lainnya:

Pengunjung Online: